Pokja PKP Kabupaten Karimun Lakukan Monev BDI Tahun 2018

Foto untuk : Pokja PKP Kabupaten Karimun Lakukan Monev BDI Tahun 2018

Karimun - Pada pelaksanaan Program KOTAKU, peran Pemerintah Kabupaten Karimun sangat strategis dan penting sebagai nahkoda program di wilayahnya, antara lain, pertama, pemerintah kabupaten / kota berperan sebagai regulator yang mengakomodasi berbagai aspirasi pelaku pembangunan permukiman dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kedua, memfasilitasi masyarakat untuk berperan aktif dalam melaksanakan penanganan permukiman kumuh skala lingkungan di wilayahnya. Ketiga, membangun kolaborasi antar pelaku, program dan pendanaan dalam upaya percepatan penanganan kumuh perkotaan yang dilakukan sejak tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, pemanfaatan, pemeliharaan serta keberlanjutan. Keempat, membangun atau menguatkan peran kelembagaan daerah dalam penanganan kumuh, yaitu Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP). Pokja PKP Dalam Penangganan Kumuh dan Pencegahan Kumuh Terlibat langsung dalam Memverifikasi Usulan dan Mengecekakan Lokasi apakah sesuai Dokumen RPLP atau baseline Dan Deliniasi Kumuh, Program KOTAKU ini menggunakan sinergi platform kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya serta Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat untuk mempercepat penanganan kumuh perkotaan dan gerakan 100-0-100 dalam rangka mewujudkan permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan. Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menangani persoalan kumuh di wilayahnya dengan memanfaatkan alokasi Bantuan Dana Investasi (BDI) 2018. Ragam kegiatan Kab. Karimun Terdiri dari sejumlah pembangunan fasilitas umum. Di antaranya jalan lingkungan rabat beton, peresapan biopori, saluran drainase, , pengelolaan sampah. Khusus wilayah Kab Karimun, pembangunan fasilitas dan infrastruktur Program Kotaku ini berada di Kelurahan Sungai Lakam Timur, Kecamatan Karimun Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral.      

Alokasi Bantuan Dana Investasi (BDI) TA. 2018 Kel, Sungai Lakam Timur Sebesar Rp. 1,250,000,000 (Satu Milyar Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) Terbagi 2 Pencairan 70 % dan 30 %, Terdapat 7 KSM yang Terdapat Di RT / RW Deliniasi Kumuh, Sedangan kan Kel, Baran Barat Alokasi Dana BDI TA. 2018 Sebesar Rp. 1.200.000.000 (Satu Milyar Dua Ratus Juta Rupiah) Terbagi 2 Pencairan 70% dan 30 % Terdapat 7 KSM yang Terdapat Di RT/ RW Deliniasi. Anggaran BDI itu dikeluarkan berdasarkan perencanaan pembangunan yang tertuang dalam Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP). Pencairan BDI di Kelurahan Sungai Lakam Timur telah dilakukan secara bertahap sejak 06 September 2018. Ada Lima kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang direkomendasikan mendapat dana dari Program Kotaku. Pelaksanaan yang sudah mulai berjalan di antaranya adalah pembangunan infrastruktur skala lingkungan. Tahap Pertama, Proses On Job Training (OJT) dilakukan sebelum pembangunan konstruksi dimulai di RT 7 yang melibatkan tujuh KSM dan sejumlah tukang. Tujuannya untuk memastikan KSM, pekerja, tukang, mengetahui tahap-tahap perencanaan dan pelaksanaan konstruksi sesuai standar teknis dan aturan yang sudah ditetapkan. Simulasi melalui kegiatan OJT ini untuk mengurangi permasalahan kumuh khususnya persampahan, drainase, jalan.

            Pokja PKP dan Satker PIP / PPK Mengawal Pembuatan Proposal, DED, RAB, RKS, Survey Lokasi Dan Uji Kelayakan Lokasi yang Menjadi Sasaran BDI Tahun 2018, Pokja PKP Tidak hanya Menanda Tangani Proposal, Pokja PKP Langsung Mengawal Rembug – Rembug Di Masyarakat apakah Sesuai KAK Dari Pedoman KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh).

            Pokja PKP Kab. Karimun Di Wakilkan Oleh Rita Agustina, ST MM Kabid Perumahan Kawasan Permukiman Dinas Perkim mengunjungi sejumlah kegiatan infrastruktur Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kabupaten Karimun, pada Sabtu, Tgl. 10 November 2018. Kunjungan yang juga dikawal oleh Tim Koordinator Kota (Korkot) Kota Kab. Karimun Dan Askot Dan Fasilitator itu adalah dalam rangka evaluasi dan monitoring sejumlah kegiatan KOTAKU. Anggaran kegiatan bersumber dari Bantuan Dana Investasi (BDI) Tahap I yang saat ini sedang dalam proses finishing di 2 Kelurahan , Yakni Kelurahan Sungai Lakam Timur Kec. Karimun dan Baran Barat Kecamatan Meral.

Dalam kunjungan ke lapangan, Rita Agustina banyak menyampaikan masukan dan saran terkait pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Karimun. Misalnya, tentang pekerjaan Drainese U30 dan Pengadaan Tossa Sampah di Kelurahan Sungai Lakam Timur. Karena Drainse U30 Cetak Mencukupi Dikarena Toko Pemasok Hanya 1 Toko saja yang ada Di Kabupaten Karimun jadi Belum Terpasangnya Drainase U30, Dan Pengadaan Tossa sampah Yang Belum sampai Kelokasi Dan Mengenai SOP / Aturan main Pengelolaan Tossa Sampah tersebut, Jangan Sampai Tossa Sampah itu Ada tetapi Tidak termamfaatkan Ujar Bu’ Rita Agustina Mengenai ini, Rita Agustina menyatakan apresiasinya karena pekerjaan tersebut dinilai baik dan sesuai dengan tujuan Program KOTAKU, yakni mengentaskan kawasan kumuh. Selain memberikan apresiasi, Bu’ Rita Agustina juga sempat berdialog dengan salah seorang warga Kelurahan Baran Barat yaitu Pak RT Setempat dan menanyakan manfaat jalan semenisasi yang sudah selesai dibangun oleh salah satu KSM infra. Ia juga menanyakan seputar Program KOTAKU. Warga yang ditanya mengaku puas dan merasa kegiatan yang dilakukan Program KOTAKU di Baran Barat sangat bermanfaat.

            Di sela-sela kunjungan itu, Bu Rita agustina mengatakan, pihaknya harus memastikan semua pekerjaan infrastruktur KOTAKU yang terbangun bisa berkualitas standar spesifikasi teknis. Serta memastikan kesiapan Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) dalam melakukan pemeliharaan infrastruktur berkelanjutan. Disertai dengan beutifikasi, yang tidak hanya indah di pengecatan tapi dapat dimodifikasi menggunakan batu alam dan sebagainya. Sehingga, mampu mengubah tampilan Kelurahan, dan tentunya bertujuan menghilangkan kesan kumuh.

                                               

Oleh : Rahdian, S.IP

  Askot Kelembagaan & Kolaborasi

Follow Me On Instagram





IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri