Optimis Kumuh Kota Tanjungpinang Teratasi

Foto untuk : Optimis Kumuh Kota Tanjungpinang Teratasi

          Drs. Surjadi, MT Kepala Bapelitbang Kota Tanjungpinang, adalah sosok pemimpin yang tegas dan dan berkomitmen dalam hal menurunkan angka permukumuhan menjadi 0 Ha diwilayah delineasi SK Kumuh Kota Tanjungpinang. Setiap rapat selalu memberi motivasi target pengurangan kumuh adalah tanggungjawab bersama kita sebagai manusia yang hidup bersosial dan berlandaskan undang-undang.

Kumuh menjadi salah satu isu dalam pembangunan yang muncul dengan kompleksitasnya sendiri dalam eksistensi permukiman perkotaan. Bahkan sering kali penduduk kumuh dicap sebagai “the other” sehingga seringkali tak tersentuh dalam wacana pembangunan dan berakibat pada ketertinggalan yang berlarut dan menimbulkan gap yang semakin luas baik secara ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. Fenomena seperti ini menimbulkan apa yang disebut perhati filsafat sebagai negativitas yang acapkali menyebabkan kriminalitas sebagai buah dari kondisi “kumuh”.

          Peran pemerintah kota sangat strategis dalam pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat. Tidak dapat mengelak dan memungkiri bahwa pemerintah kota sebagai “nakhoda” menjadi keniscayaan dan tuntutan regulasi. Pemerintah kota sebagai pelaku utama dan motor penggerak dalam pembangunan untuk mengurangi luasan kumuh kawasan kumuh, dengan menempatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan.

          Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kota Tanjungpinang, Drs. Surjadi, MT, sangat tegas dalam hal yang berkaitan “kumuh”. Beliau merupakan sosok pemimpin yang tegas dan berkomitmen dalam hal menurunkan angka permukumuhan menjadi 0 Ha di wilayah deliniasi SK Kumuh Kota Tanjungpinang. Setiap rapat beliau selalu memotivasi  target pengurangan kumuh adalah tanggungjawab bersama kita sebagai manusia yang hidup bersosial dan berlandaskan undang-undang. Beliau mengingatkan kembali kepada kita bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan tempat tinggal yang layak baik dalam infrastruktur, ekonomi, dan sosial.

Pengurangan kumuh Kota Tanjungpinang merupakan sinkronisasi kerja antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diharapkan kegiatan penyelarasan prioritas program pembangunan searah dengan kebijakan dan sasaran pembagunan provinsi dan nasional, sehingga mampu secara komprehensif dan saling bersinergi menangani permukiman kumuh.

Dokumentasi lainnya :

 

 

Follow Me On Instagram





IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri