Masyarakat Tanjung Piayu Laksanakan Penanganan Kumuh

Foto untuk : Masyarakat Tanjung Piayu Laksanakan Penanganan Kumuh

Ditulis oleh : Erda Tamba Fasilitator Teknik

 

          Mayoritas persoalan yang dikeluhkan warga Tanjung Piayu adalah infrastruktur jalan dan drainase. Permasalahan ini sesuai dengan data baseline terkait permasalahan kualitas jalan mencapai 74,12% dan ketidaketersediaan drainase mencapai 64,19%. Menyikapi permasalahan tersebut, Lurah Tanjung Piayu bersama BKM Piayu Manunggal Tri karya dan masyarakat yang difasilitasi oleh tim Fasilitator melaksanakan rembug warga menyusun prioritas penanganan kumuh untuk tahun 2018 disepakati berlokasi di RT 04 RW 07. Lokasi tersebut merupakan salah satu lokasi yang memiliki jalan yang masih tanah dan drainase yang sudah tidak layak lagi. Sementara jalan tersebut merupakan jalan yang hampir setiap hari banyak dilalui masyarakat setempat. Namun, ketika tiba saat nya hujan turun, jalan tersebut menjadi becek dan licin sehingga sulit untuk dilalui masyarakat, di tambah lagi dengan kondisi tidak tersedianya drainase yang akan menyebabkan banjir sampai ke jalanan.

          Setelah mengadakan rembug, disepakatilah bahwa masyarakat akan mengajukan pembangunan jalan beton dan drainase  ke Program KOTAKU. Kemudian warga RT 04 RW 07 yang tergabung dengan KSM Piayu 1 yang di ketuai oleh Pak Aditiya Putra beserta UP dan Anggota BKM Piayu Manunggal Tri Karya, membuat proposal usulan kegiatan pembuatan jalan beton dan drainase U30 dengan volume 183 x 2,75 x 0,15 m dan 324 m dengan dana BDI  sebesar Rp. 199.633.000,- dan dana swadaya sebesar Rp. 26.200.000,-. Swadaya masyarakat berupa tenaga, peminjaman peralatan dan konsumsi. Sebelum pengerjaan dimulai masyarakat bersama-sama mengadakan gotong royong untuk membersihkan lokasi tersebut.

          Setelah beberapa minggu pengerjaaan, akhirnya jalan dan drainase tersebut selesai. Jalan yang dulunya rusak, becek dan licin kini sudah bagus dan nyaman digunakan oleh masyarakat, terutama setelah dilengkapi dengan saluran drainase kiri dan kanan sehingga jika hujan tidak menyebabkan banjir lagi. Sekarang anak-anak menjadi lebih mudah jika ingin berangkat kesekolah begitu juga dengan masyarakat yang berdampingan dengan lokasi tersebut. Masyarakat sangat senang dengan adanya program KOTAKU ini, program tersebut dapat mengubah jalan mereka menjadi lebih baik lagi. Masyarakat juga berpesan semoga program KOTAKU ini tetap berjalan di Kelurahan Tanjung Piayu. Warga RT 04 RW 07 juga membentuk tim Pemeliharaan dan Operasioanl untuk memelihara dan menjaga jalan dan drainase tersebut agar dapat dimanfaatkan hingga jangka waktu yang cukup lama.

Dokumentasi Lainnya :

Kontak Kami :
BKM Piayu Manunggal Tri Karya
Kelurahan Tanjung Piayu
Koordinator BKM Bapak S. Hutagalung (082284118211)

Follow Me On Instagram





IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri