BKM Mandiri Sungai Lakam laksanakan OJT KSM

Foto untuk : BKM Mandiri Sungai Lakam laksanakan OJT KSM

 

         Sungai Lakam Timur adalah kelurahan yang masuk dalam SK Bupati Karimun dalam kategori Kumuh Prioritas yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah daerah dan Pusat dalam menanggulangi kawasan Kumuh di perkotaan. Melalui program KOTAKU, pada tahun 2017 ini telah terencana dan pelaksanaan pembangunan fisik dari dana BDI (Bantuan Dana Investasi).

Karena hal inilah terbentuklah KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) sebanyak 3 KSM di tahap I dan II untuk dana sebesar Rp 500 juta. Pembentukan KSM ini yang dibentuk oleh BKM Mandiri Sungai Lakam yang dikoordinator oleh Pak Fadli Joss bersama anggotanya. Pelaksanaan fisik yang dilaksanakan pada tahun ini adalah pembangunan Jalan Beton dan Drainase di RT 003 RW 003, RT 002 RW 004, RT 004 RW 003 serta RT 002 RW 004. Pelaksanaan Jalan Beton dan Drainase merupakan prioritas utama yang direncanakan di RT-RT ini, karena merupakan akses utama masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

          Hingga September ini, Pelaksanaan pembangunan jalan beton dan parit memasuki tahap 50% hal ini dikarenakan kondisi cuaca hujan, sehingga mengganggu proses pengecoran jalan beton. Kata Rian dalam kegiatan OJT (On The Job Training) dengan KSM Infra ”Pada tahun ini, pengecoran jalan beton menggunakan Readymix, hal ini agar mutu kualitas beton terjaga dengan baik, karena bisa kita lihat di pembangunan jalan beton yang sudah terlaksana sebelumnya oleh program lain yang menggunakan alat molen, baru setahun jalan sudah rusak”.

Dalam kegiatan OJT BKM Mandiri Sungai Lakam, yang dihadiri oleh assisten Infra, Zulkarnaen “dana yang dicairkan pada minggu I ini harus dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan barang yang ditertera dalam RAB minggu I ini, sehingga dana itu harus dihabiskan”.

          Dalam OJT tersebut juga disampaikan bahwa KSM tidak ada biaya operasional, hanya pekerja dan tukang. Sehingga KSM benar-benar kelompok yang merelakan waktu dan pikirannya dalam pelaksanaan pembangunan fisik. Pak Nasrul, salah satu Ketua KSM Harmoni, Kelurahan Sungai Lakam Timur mengatakan” kami insyaAllah siap dalam melaksanakan kegiatan ini, karena juga untuk pembangunan tempat kami juga”. “Alhamdulillah tahun ini ada dana untuk kelurahan kami, terutama dilokasi RT kami, setidaknya membantulah kehidupan masyarakat dengan pembangunan jalan dan parit, karena sebelumnya dilokasi kami, apabila hujan, maka air akan tergenang dengan kondisi jalan yang rusak dan berlubang”. Tambahannya.

Follow Me On Instagram





IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri